Pengertian SEO atau Search Engine Optimization

Radardelostrabajadores – Apa itu SEO? Pertanyaan ini sering ditanyakan oleh orang-orang yang baru memulai membuat website atau blog. Alasannya, dengan menerapkan serangkaian langkah optimasi SEO, website atau blog Anda akan lebih mudah mendapatkan peringkat teratas hasil pencarian Google.

Apakah asumsi ini benar?

Ya, dalam istilah awam itulah manfaat menerapkan SEO di website atau blog. Namun, ini hanya sebagian kecil dari konsep SEO. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas secara mendalam apa itu SEO. Dari memahami SEO, cara kerjanya, metrik SEO utama, hingga mengapa SEO penting untuk situs web Anda.

Memahami SEO

Optimisasi mesin pencari atau SEO adalah upaya untuk mengoptimalkan sebuah situs web agar mendapat peringkat tinggi dalam hasil pencarian. Dengan peringkat tinggi dalam hasil pencarian, Anda meningkatkan potensi lalu lintas organik Anda.

Selain menghasilkan lalu lintas organik yang tinggi, SEO juga akan membantu Anda mendapatkan lalu lintas yang tepat. Karenanya, Anda tidak hanya menargetkan lalu lintas tinggi tetapi juga lalu lintas yang tepat tergantung pada tujuan utama situs web Anda.

Untuk mendapatkan trafik yang tinggi dan tertarget, Anda harus mengikuti aturan yang ditetapkan oleh mesin pencari, dalam hal ini Google. Anda perlu memahami cara kerja SEO, algoritme Google, dan metrik SEO utama melalui kursus SEO. Anda akan mempelajari semua ini pada bab-bab berikut di bawah ini.

Bagaimana SEO bekerja

Mesin pencari menggunakan algoritma tertentu untuk menentukan konten mana yang layak mendapat peringkat tinggi dalam hasil pencarian. Ini berlaku untuk semua mesin pencari, baik itu Google, Yahoo!, Bing, dan Duckduckgo.

Kami tidak akan membahas algoritma di semua mesin pencari. Di sini kita hanya membahas algoritma Google. Karena? Karena Google menguasai lebih dari 90% pangsa pasar mesin pencari di dunia. Jadi ketika sampai pada cara kerja SEO, algoritma Google adalah patokannya.

Google terus memperbarui algoritme untuk memberikan hasil pencarian dan solusi yang lebih relevan bagi penggunanya. Dari 2011 hingga saat ini, setidaknya ada delapan pembaruan besar pada algoritme Google.

Jadi Anda harus selalu update tentang algoritma Google ini. Karena langkah optimasi berdasarkan algoritma Google lama tidak akan berpengaruh. Misalnya, salah satu taktik terlama yang digunakan adalah penjejalan kata kunci.

Penjejalan kata kunci adalah tentang memasukkan sebanyak mungkin kata kunci yang ditargetkan ke dalam sebuah artikel. Taktik ini pernah cukup efektif, meskipun konten Anda pendek dan tidak relevan dengan kata kunci yang Anda masukkan.

Namun, dengan pembaruan algoritme Google, taktik ini tidak lagi efektif. Anda bahkan dapat menerima penalti jika Anda ketahuan mempraktikkannya. Konten Anda dapat dianggap spam jika Anda mengulang terlalu banyak kata kunci yang ditargetkan.

Jenis-jenis SEO

Ada dua jenis SEO, yaitu SEO on-page dan SEO off-page. Keduanya penting dan saling terkait. Karenanya, Anda perlu menerapkan keduanya untuk mendapatkan praktik terbaik SEO di situs web Anda.

SEO pada halaman

Apa yang ada di halaman SEO? SEO On Page adalah langkah-langkah pengoptimalan SEO yang dilakukan di situs Anda. Beberapa langkah pengoptimalan SEO pada halaman meliputi: tautan permanen, judul konten, struktur konten, penggunaan tajuk, kecepatan situs web, tema responsif, dan tautan internal.

SEO off-halaman

Tidak seperti SEO pada halaman, SEO off-halaman adalah serangkaian langkah pengoptimalan SEO yang dilakukan di luar situs Anda. Jadi, tidak cukup hanya dengan mengoptimalkan konten dan situs web Anda. Ada banyak faktor di luar situs web yang dapat memengaruhi kualitas SEO Anda.

Salah satu faktor eksternal website yang sangat mempengaruhi kualitas SEO adalah backlink atau inbound link. Tautan balik menunjukkan bahwa situs web lain merujuk ke konten Anda. Semakin banyak situs web berkualitas yang mereferensikan konten Anda, semakin baik. Google menilai situs Anda sebagai situs yang kredibel dan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan peringkat.