5 Macam Distro Linux Paling Populer

Radardelostrabajadores –┬áTidak banyak orang yang tahu tentang Linux. Hal ini beralasan mengingat masyarakat Indonesia umumnya diperkenalkan dengan sistem operasi Windows, bahkan di sekolah-sekolah penggunaan komputer diperkenalkan dengan sistem operasi Windows.

Padahal, Linux berpotensi untuk diperkenalkan ke sekolah. Selain itu, Linux pada dasarnya adalah open source. Hal ini berdampak bahwa orang lebih mengenal Windows dan semua aplikasinya dibandingkan dengan Linux dan aplikasinya.

Pada akhirnya, kita dapat mengatakan bahwa orang yang mengenal Linux sedikit jumlahnya, tetapi kita dapat mengatakan bahwa jumlahnya meningkat. Ini juga terpengaruh karena semakin banyak orang mencari Linux di internet.

Jadi apa saja distribusi Linux yang beredar? Ada banyak sekali angka di luar sana, namun jenis distro Linux yang kita lihat saat ini, hanya ada 5 distro yang bisa dibilang populer. Simak penjelasan Mabtekno berikut ini.

1. Linux Mint

Distribusi yang populer dan sangat dihormati oleh pengguna Linux adalah Linux Mint. Distribusi berdasarkan Ubuntu dan Debian ini menawarkan antarmuka yang sederhana dan mudah diakses. Selain itu, karena didasarkan pada Ubuntu, Linux Mint memiliki akses ke repositori Ubuntu.

Linux Mint sendiri memiliki tiga mode tampilan. Ketiganya adalah MATE, Cinnamon, dan Xfce. Ketiga mode ini memberikan pengalaman yang ramah pengguna untuk pemula. Ini karena tampilan dan navigasinya cenderung mirip dengan Windows, sehingga pengguna Windows yang mencoba Linux Mint akan mudah beradaptasi.

Linux Mint juga merupakan distro yang menawarkan pengalaman pengguna inovatif yang bagus. Karakteristik distribusi ini juga cukup baik dan stabil. Selain itu, dukungan komunitas dari pengguna Linux Mint cukup kuat.

2. Ubuntu

Ubuntu adalah distribusi paling populer. Ketika Anda menyebut distro Linux, terkadang orang akan mengingat Ubuntu terlebih dahulu dibandingkan distro lain. Faktanya, di mesin pencari yang berhubungan dengan Linux, Ubuntu masih muncul.

Ubuntu sendiri dikembangkan oleh Canonical Ltd, sebuah perusahaan Afrika. Nama Ubuntu dipilih karena memiliki makna manusiawi. Pemahaman ini tidak berlebihan, mengingat Ubuntu dirancang sebagai distribusi yang mudah digunakan. Selain itu, Ubuntu adalah distribusi paling stabil, memiliki banyak dukungan perangkat lunak, dan komunitas pengguna yang besar.

3. MX Linux

Jika Anda ingin mencari distro yang sesuai dengan spesifikasi komputer Anda, MX Linux adalah jawabannya. Betapa tidak, distribusi ini mengedepankan sistem operasi yang efisien namun menghadirkan tampilan yang lebih elegan.

MX Linux sendiri menawarkan kemudahan untuk mengkonfigurasi fitur sistem operasi. Performa distribusi ini juga cukup bisa diandalkan. Karena bisa digunakan di komputer lawas yang notabene memiliki spesifikasi rendah, MX Linux menjadi distro yang populer untuk digunakan. Terutama karena MX Linux juga memiliki antarmuka yang ramah pengguna bahkan untuk pemula.

4. Fedora

Fedora adalah distribusi Linux yang menawarkan berbagai fitur keamanan data yang bagus. Selain itu, Fedora juga memiliki fitur keamanan SELinux. Fungsi ini merupakan fungsi keamanan tambahan yang menghubungkan titik pengguna dan proses titik.

Fedora sendiri merupakan distribusi yang dirilis dan didukung oleh Red Hat. Tim pengembangan adalah tim khusus yang disebut Proyek Fedora. Karena dukungan untuk Red Hat, Fedora menggunakan sistem operasi berbasis Manajer Paket RPM seperti Red Hat.

5. Debian

Debian mungkin adalah distribusi Linux yang paling populer dan terbaik. Alasannya adalah Debian merupakan distribusi Linux yang banyak digunakan untuk keperluan bahasa pemrograman. Jelas, ini membuat Debian menjadi distribusi yang sangat familiar di kalangan programmer profesional.

Selain itu, Debian juga populer sebagai basis pengembangan distro Linux. Tidak sedikit distro Linux yang berbasis Debian dan bahkan lebih populer dari Debian. Karena itulah para pemula jarang menggunakan Debian, namun banyak juga para pemula yang lebih familiar dengan distro berbasis Debian, seperti Linux Mint misalnya.