Himpunan Pedagang Pasar Pramuka: Semua Sambut Baik Vaksinasi Covid-19

Radardelostrabajadores – Vaksin adalah zat atau senyawa yang berfungsi membentuk kekebalan terhadap suatu penyakit. Vaksinasi terdiri dari berbagai jenis dan bahan yang masing-masing dapat melindungi Anda dari berbagai penyakit berbahaya. Vaksin mengandung bakteri, racun, atau virus penyebab penyakit yang telah dilemahkan atau dimatikan. Saat ditempatkan di tubuh seseorang, vaksin tersebut merangsang sistem kekebalan untuk menghasilkan antibodi. Pembentukan antibodi ini disebut imunisasi. Ketika orang yang sudah mendapat vaksin nantinya terpapar kuman penyebab penyakit sebenarnya, tubuhnya akan cepat membentuk antibodi untuk melawan kuman tersebut. Setiap orang harus mendapat vaksin, terutama bayi dan anak-anak, karena daya tahan tubuh mereka lemah.

Perhimpunan Apoteker di Jakarta Timur mendukung program vaksinasi Covid-19. Selain disadari manfaatnya juga untuk kelangsungan usahanya. “Tidak ada yang resisten, semua diterima. Saya lihat mereka sangat sadar,” kata Edy Haryanto, Asosiasi Pedagang Apotek Pasar Pramuka Jakarta Timur, Rabu, 17 Februari 2021, dikutip dari Antara. Edy mengatakan, derajat kesadaran tersebut merupakan pemahaman 720 pemilik usaha dan karyawan toko tentang dampak positif vaksinasi Covid-19 terhadap masyarakat.

Oleh karena itu, program vaksinasi harus didukung oleh para pedagang karena mereka adalah pengusaha di fasilitas kesehatan yang perlu didukung oleh jaminan kesehatan. Atas dasar itu, pihaknya mewajibkan seluruh 240 kios untuk mendaftarkan pemilik dan karyawannya dalam program vaksinasi Covid-19.

“Kami sudah tiga minggu berkunjung. Kami menawarkan formulir dan sosialisasi Perumda Pasar Jaya masih dijemput dari kami,” kata Edy. Hingga saat ini, kata Edy, sekitar 50 persen formulir pendaftaran peserta program vaksinasi Covid-19 sudah diisi oleh pedagang dan dikumpulkan oleh pengurus pedagang. Manajemen pedagang juga telah menyiapkan lebih banyak formulir untuk mengharapkan peningkatan peserta vaksin.

“Kami juga sudah menyiapkan dua orang masing-masing untuk pemilik dan karyawan. Tapi kami juga menyiapkan formulir yang lebih banyak lagi. Kami arahkan 720 orang untuk ikut,” ujarnya. Kegiatan administrasi informasi dilaksanakan oleh penyelenggara merchant melalui grup media sosial WhatsApp, disertai dengan pembagian formulir pendaftaran.

Adapun agenda pelaksanaan vaksinasi Covid-19, Edy mengatakan belum ada jadwal resmi dari Kementerian Kesehatan. “Saat ini kami masih menunggu jadwal. Kami siap mensukseskan vaksinasi Covid-19 ini,” ujarnya. Edy menambahkan, dari total 720 pedagang di Pasar Pramuka, akan ditentukan kesiapan fisik peserta.

“Kemarin kita semua wajib daftar dulu. Nanti ada verifikasi dari instansi terkait. Kita semua harus daftar dulu,” ujarnya. Edy juga mengatakan bahwa jumlah konsumen yang masih tinggi, apalagi dengan vaksinasi ada jaminan konsumen lebih aman. Edy memprediksi sekitar 65 persen pedagang akan lolos proses vaksinasi. Pasalnya, tidak semua pengecer memenuhi kriteria peserta vaksinasi Covid-19. “Misalnya lansia, saat ini ada sekitar 20 persen, tiga persen lainnya terpapar Covid-19 dan potensi pedagang yang mengalami tekanan darah tinggi atau penyakit bawaan diperkirakan sekitar 11 persen lebih,” ujarnya.

Vaksinasi pada dasarnya adalah tindakan sederhana dan efektif untuk mencegah Anda dan keluarga tertular penyakit yang menyebabkan banyak kematian. Oleh karena itu, sangat penting untuk meminum vaksin sesuai anjuran. Setiap orang memiliki skema vaksinasi yang berbeda tergantung pada usia, jenis vaksinasi, kondisi kesehatan dan riwayat vaksinasi sebelumnya. Jika Anda atau keluarga Anda melewatkan satu dosis atau sama sekali belum menerima vaksin yang dianjurkan, Anda dapat mengunjungi dokter Anda untuk menentukan jadwal vaksin dan jenis vaksin yang harus Anda terima.

Sumber: Sukabuminewsupdate.com