Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect Ke Wifi

Radardelostrabajadores –¬†Pernahkah Anda memiliki waktu ketika Anda ingin mengerjakan pekerjaan rumah di sekolah atau perguruan tinggi, tetapi Wi-Fi laptop Anda tidak dapat dihubungkan atau dimatikan? Meskipun koneksi Wi-Fi di laptop teman Anda yang lain berfungsi dengan normal.

Itu pasti membuatmu marah. Masalah ini terjadi karena berbagai hal seperti pengabaian dari penggunaan sebelumnya atau masalah dengan sistem Wi-Fi.

Nah, di saat-saat seperti ini Anda memang ingin tahu bagaimana cara memperbaikinya, bukan? Berikut cara untuk memperbaiki laptop yang tidak dapat terhubung ke Wi-Fi!

1. Konfigurasi jaringan internet

Salah satu alasan laptop tidak dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi adalah karena pengaturan internetnya yang salah. Anda dapat mengubah pengaturan dari manual ke otomatis.

Langkah 1: Akses Open Network and Sharing Center
Klik kanan pada ikon Wi-Fi di sudut kanan layar, pilih Buka Jaringan dan Pusat Berbagi.

Langkah 2: Pilih menu opsi Ubah Adaptor
Jika Anda masuk ke menu Open Network and Sharing Center, pilih menu opsi Change Adapter.

Langkah 3: masuk ke properti Wi-Fi
Klik kanan pada adaptor Wi-Fi, pilih Properties.

Langkah 4: Klik dua kali pada Internet Protocol Version 4
Klik dua kali Internet Protocol Version 4 (TCP / IPv4).

Langkah 5: Aktifkan fungsi otomatis
Pilih Dapatkan alamat IP secara otomatis dan Dapatkan alamat server DNS secara otomatis sehingga Wi-Fi dapat menemukan alamat IP dan pengaturan DNS secara otomatis.

2. Ubah saluran Wi-Fi

Cara selanjutnya untuk menangani laptop yang tidak dapat terhubung ke Windows 10 Wi-Fi adalah dengan mengubah saluran Wi-Fi.

Saluran melalui Wi-Fi biasanya memiliki pengaturan default tanpa harus memanipulasinya. Jika Wi-Fi Anda bermasalah, mungkin ada masalah.

Anda dapat melihat cara memperbaiki masalah ini dengan melakukan hal berikut:

Langkah 1: Masuk ke Device Manager
Klik kanan pada logo Windows dan pilih Device Manager.

Langkah 2: masukkan properti Wi-Fi
Pilih menu Network Adapters, cari driver Wi-Fi yang sudah terinstal di laptop Anda, lalu klik kanan dan pilih Properties.

Langkah 3: Ubah nilainya menjadi nonaktif
Klik pada tab lanjutan dan ubah nilainya menjadi nonaktif. Setelah itu, restart laptop dan coba sambungkan ke jaringan Wi-Fi yang tersedia.

3. Instal ulang driver Wi-Fi

Masalahnya mungkin ada pada perangkat lunak alias driver Wi-Fi Solusinya adalah menghapus driver dan kemudian menginstalnya kembali.

Anda juga dapat menginstal ulang driver Wi-Fi. Metode ini biasanya dapat memperbaiki masalah yang ada. Jika itu tidak berhasil, Anda harus mencoba menghapus penginstalan driver.

Sebelum kamu melalui proses uninstall, pastikan kamu punya file drivernya, geng! Jika Anda tidak memilikinya, Anda dapat mengunjungi situs web resmi untuk laptop yang Anda gunakan.

Langkah 1: Masuk ke Device Manager
Klik kanan logo Windows, lalu pilih menu Device Manager.

Langkah 2: Temukan driver
Temukan driver Wi-Fi yang diinstal di laptop Anda. Anda dapat menemukannya di bagian Network adapters.

Langkah 3: klik kanan
Klik kanan pada driver yang ingin Anda uninstall, pilih Uninstall. Tunggu prosesnya dan mulai ulang. Saat laptop dihidupkan kembali, instal ulang driver Wi-Fi.

Ada 3 cara untuk mengatasi laptop yang tidak bisa terkoneksi dengan WiFi. Apakah menurut Anda ada cara lain yang lebih efisien untuk memperbaiki laptop yang tidak dapat terhubung ke WiFi?

Jika Anda memiliki komentar dan saran, silakan bagikan komentar di Sudutpc