Cara Mengaktifkan Bluetooth Di Laptop

Radardelostrabajadores – Masih belum tahu cara mengaktifkan bluetooth di laptop atau pc? Apalagi untuk bisa mengirim file tanpa perlu kabel USB, nih! Bahkan, Anda dapat menggunakan aplikasi tambahan seperti SHAREit. Namun tidak harus ribet, kamu juga bisa mengandalkan koneksi bluetooth untuk mengirim file dengan kecepatan tinggi.

Nah, pada artikel kali ini, saya akan mengulas tuntas bagaimana cara mengaktifkan Bluetooth di laptop atau PC Windows, baik itu Windows 7, 8 atau 10. Untuk lebih lengkapnya kamu harus langsung simak caranya di bawah ini, geng. Saksikan berikut ini!

Konektivitas Bluetooth pada laptop atau PC tentunya sangat berguna ketika Anda ingin mengirim dan menerima berbagai jenis file, seperti dokumen, musik atau film. Selain berfungsi untuk memindahkan file dan ponsel ke laptop dan sebaliknya, Bluetooth juga berfungsi untuk menghubungkan perangkat lain seperti headphone, mouse atau keyboard, lho! Bagi anda yang belum paham, berikut ini saya telah tuntas melalui beberapa langkah dan cara mengaktifkan Bluetooth di laptop dan PC yang bisa anda praktekkan sendiri.

1. Gunakan dongle

Cara mengaktifkan bluetooth pada laptop ini dapat digunakan oleh perangkat yang tidak memiliki hardware built-in sehingga membutuhkan alat bernama bluetooth usb dongle. Jadi, apa dongle itu? Dongle adalah sebuah perangkat yang berbentuk seperti USB flash drive, dan cara kerjanya cukup dengan mencolokkannya ke laptop atau PC.

Alat ini berfungsi sebagai antena penerima yang akan mengirim atau menerima sinyal bluetooth dari smartphone dan perangkat lain. Biasanya bluetooth device ini dilengkapi dengan program dan driver khusus yang akan terinstal otomatis saat Anda menghubungkannya ke laptop atau PC secara berkelompok.

2. Lakukan penginstalan driver Bluetooth

Langkah install bluetooth di laptop belum aktif, selanjutnya install bluetooth drivernya. Apa yang mungkin Anda lupa lakukan sendiri di sini. Untuk mengaktifkan Bluetooth di laptop ASUS dan merek lain, Anda dapat menginstal driver terlebih dahulu.

Ini diperlukan, karena meskipun laptop Anda mendukung perangkat keras Bluetooth bawaan, Anda harus memiliki program terpisah untuk menjalankannya. Jadi bagaimana cara mendapatkannya? Driver Bluetooth ini biasanya terdapat pada CD / DVD internal yang ditemukan saat Anda pertama kali membeli laptop. Jika Anda tidak memilikinya, Anda dapat mengunduh driver dari situs web resmi merek laptop atau PC.

3. Aktifkan Bluetooth di laptop melalui Device Manager

Kamu sudah install bluetooth drivernya, tapi tidak bisa digunakan untuk konektivitas apapun, geng? Tenang saja, Anda bisa mengaktifkan Bluetooth di laptop atau PC terlebih dahulu dengan masuk ke menu Device Manager di sistem operasi Windows Anda.

Untuk panduan cara mengaktifkan Bluetooth di laptop dan PC melalui menu Device Manager, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Pertama kali di desktop utama, kamu hanya perlu menekan kombinasi tombol Windows + X, lalu pilih menu Device Manager. Kemudian jendela Device Manager akan terbuka. Kemudian klik saja menu Bluetooth dan menu drop down akan muncul. Pilih perangkat bluetooth yang Anda gunakan lalu klik kanan. Aktifkan Bluetooth dengan memilih menu Activate device untuk memulainya.

Sedangkan opsi Disable device akan menonaktifkan fungsi Bluetooth. Sangat mudah bukan? Beginilah cara bluetooth diaktifkan di laptop.